Minggu, 02 Mei 2010

Jaringan komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer , printer dan periferal lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel - kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama sama menggunakan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan. tiap komputer, printer dan periferal lainnya yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Cepat atau lambat penggunaan jaringan untuk media penghubung antar komputer akan banyak digunakan . Penggunaan jaringan komputer sangat dibutuhkan oleh pemakai di perkantoran atau dirumah untuk menghubungkan sumber daya komputer ( disksrive / CD-RW dan lain -lain) yang terbatas yang dimiliki antara komputer yang satu dengan yang lain, baik komputer tersebut pada ruang yang berbeda hingga antar gedung yang berbeda dan memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik baik dengan media kabel, saluran telepon,gelombang radio,satelit, atau sinar infra merah yang saat ini baru berkembang.

Dengan adanya jaringan antar komputer, sangat membantu para pengguna komputer dalam bekerja, terutama di perkantoran.Misalkan anda akan mengirimkan data atau laporan dari departemen penjualan pada suatu kantor di lantai 1 ke lantai 5, namun bila dilakukan dengan menggunakan jaringan, akan membuhtukan waktu hanya beberapa detik bergantung pada kecepatan dan jaringan tersebut. Dengan demikian banyak waktu yang dapat dihemat jika menggunakan jaringan.

Adapun manfaat jaringan komputer :
  1. Resource sharing artinya dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama- sama .
  2. Reliabiliatas tinggi artinya dengan jaringan komputer anda akan mendapatkan reliabilitasyang tinggi dengan memiliki sumber - sumber alternatif persediaan.
  3. menghemat uang artinya komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebinh baik dibandingkan dengan komputer yang lebh besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kira - kira sepuluh kali lipat kecepatam komputer kecil atau pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dri komputer pribdi. Ketidakseimbangan rasio harga atau kecepatan dan kinerja inilah membuat perancang sistem membangu sistem yang terdiri dari komputer -komputer pribadi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar