Minggu, 02 Mei 2010

Jenis - jenis jaringan komputer

artikel tentang jenis - jenis jaringan komputer ini saya coba saya ulas dengan singkat semoga bermanfaat.
Secara umum ada lima macam jenis jaringan atau network secara umum :

1. Local Area Network ( LAN )
LAN adalah jaringan hubungan satu komputer dengan komputer lain dalam suatu ruang atau gedung tertentu. dengan menggunakan LAN maka kita dapat berbagi pakai sumber daya komuputer antara seorang user denga user lainnya. selain itu dapat sharing ( berbagi pakai ) dokumen dengan user lain. Kita dapat membukafile atau dokumen tanpa harus duduk di depan komputer dimana dokumen tersebut disimpan. Pendek kata dengan adanya LAN maka akan mempercepat proses pertukaran dokumen dan menaikkan kinerja suatu perusahaan. di bawah ini konsep LAN sederhana.

2. Metropolitan Area Network ( MAN )
MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Metropolitan Area Network juga mencakup kantor - kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperlauan pribadi ata umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringam telivisi kabel.

3. Wide Area Network ( WAN )
WAN adalah jaringan yang ruang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut dan jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mancakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin - mesin yang bertujuan untuk menjalankan proram aplikasi pemakai.

4. Internet
Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang sering kali tidak kompatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini perlu diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terkoneksi dalam area yang luas inilah yang disebut dengan internet yang saat ini perkembangan sangat pesat.

5. Jaringan tanpa Kabel
Prinsip dasar pada jaringan wieles lan pada dasarnya sama saja dengan jaringan yang menngunakan ethernet card, perbedaanyayang utama adalah pada media transmisinya yang menggunakan ethernet melalui udara. sedangkan pada jaringan ethernet card menggunakan media transmisi melalui kabel. berikut konsep WLAN sederhana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar