Minggu, 02 Mei 2010

Topologi jaringan

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer dengan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. car yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token - ring, star dan peer-to-peer network. Tiap -tiap topologi mempuyao ciri khas,dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
a. Topologi bus Jaringan dengan topoogi bus hampir sama dengan jaringan pada topologi multidrop, namun semua komputer mempunyai kesempatan yang sama pada penggunaan jaringan , dalam jaringan dengan topologi ini terdapat komputer sebagai pusat. Jaringan ini banyak digunakan pada perusahaan dengan jaringan komputer skala kecil yaitu antara lima sampai dengan sepuluh komputer. 1. Keuntungan
a. Hemat kabel
b. Layout sederhana c. Mudah dikembangkan 2. Kerugian a. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil.
b. Kepadatan lalu lintas
c. Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi
d. diperlukan repeater untuk jarak jauh.
gambar di bawah ini merupakan gambar topologi bus.
b. Topologi token - ring
Topologi token ring adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring ( lingkaran ). Setiap simpul akan mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut loop. data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.
Keuntungan : hemat kabel
Kerugian : Peka kesalahan dan pengembangan jaringan kaku.
berikut gambar topologi Token - Ring



c. Topologi star
Ciri khas topologi star bahwa kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau klient server.setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu - waktu dapat menggunakan hubungan atau jaringan tersebut tapa menunggu perintah dari server sebagai pusatnya.
Keuntungan ;
1. Paling fleksibel
2. Pemasangan/ perubahan stasiun sangat mudah
3. Kontrol pusat
4. Kemudahan pengolahan pusat dan kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan.
Kerugian :
1. Boros Kabel
2. Perlu penanganan khusus
3. Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis.
gambar topologi star


d. Topologi peer-to-peer network
peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer. Dalam sistem jaringan ini, yang diutamakan adalah penggunaan program, data, dan printer secara sama - sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar